Pahlawan-pahlawan Daud

“Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengirigi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh rakyat, dalam mencapai kedudukan raja…, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel.” (1 Tawarikh 11:10)



Bacaan hari ini: 1 Tawarikh 11:10-47 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 11

“Di balik kesuksesan seorang pria terdapat peran wanita yang hebat.” Perkataan ini tentu tidaklah berlebihan. Bahkan jika kita mau jujur, di balik kesuksesan kita, bukan hanya seorang wanita hebat – seorang ibu atau istri – tapi juga ada peran dan pertolongan orang-orang yang Tuhan tempatkan di sekitar kita: ayah, kakek nenek, saudara, teman, guru, dosen, majikan, rekan kerja, hamba Tuhan dan sebagainya. Sesungguhnya mereka juga adalah pahlawan-pahlawan nyata dalam hidup kita, sekalipun mungkin kita sering melupakan jasa, peran dan keberadaan mereka.

Daud berhasil dan mencapai kedudukan raja, di satu sisi, ialah karena kasih karunia dan pertolongan Tuhan. TUHANlah yang mengangkatnya sebagai raja atas Israel. Di sisi lain, keberhasilan Daud juga tidak lepas dari keterlibatan dan dukungan orang-orang yang menyertainya. Di 1 Tawarikh 11:10 ditulis, “Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya.” Mereka ini adalah orang-orang yang menunjukkan kasih sayang dan kesetiaan kepada Daud, serta bersedia mengorbankan banyak hal termasuk hidup mereka, karena seperti tertulis, perjalanan hidup Daud mencapai kedudukan sebagai raja sejak diurapi Tuhan sampai menduduki takhta, tidak mudah. Banyak lika- liku dan air mata, namun mereka tetap setia dari awal sampai akhir.

Untuk mencapai keberhasilan, pertama-tama kita butuhkan anugerah Tuhan. Kedua, kita butuhkan dukungan dari orang-orang yang setia dan mengasihi kita. Jika hari ini TUHAN menempatkan orang-orang ini di dalam lingkaran hidup kita, jangan sia-siakan keberadaan mereka. Dari pihak kita, sepatutnyalah kita juga menunjukkan kasih setia dan penghargaan kepada mereka. Ketika sudah berhasil, jangan pernah melupakan kasih sayang, perhatian, dan dukungan setiap mereka. Sebab mereka adalah pahlawan- pahlawan nyata dalam kehidupan kita. Hargai dan cintailah semua orang, sehingga cinta, dukungan dan penghargaan orang lain akan mengalir bagi hidup kita, dan pada akhirnya kesuksesan akan datang sebagai bonus bagi perjalanan hidup kita yang penuh dengan cinta dan kasih sayang.

STUDI PRIBADI: Siapa saja yang telah berjasa dan mendukung keberhasilan hidup Anda? Bagaimanakah cara Anda selama ini membalas cinta kasih dan budi baik mereka?

Pokok Doa: Sebutkan beberapa nama dan doakanlah setiap mereka yang sudah Tuhan tempatkan di sekitar Anda untuk memberikan kasih sayang, perhatian dan dukungan dalam hidup Anda.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *