Mezbah Melawan Tulah

“Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN, mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan dan memanggil TUHAN. Maka TUHAN menjawab dia dengan menurunkan api dari langit ke atas mezbah korban bakaran itu.” (1 Tawarikh 21:26)



Bacaan hari ini: 1 Tawarikh 21:18-30 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 20-21

Bagian firman Tuhan ini mengisahkan Daud yang mendirikan mezbah bagi Tuhan di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus, supaya tulah penyakit sampar yang menimpa orang Israel, bisa berhenti. Tulah penyakit sampar ini timbul karena Daud menuntut untuk menghitung orang Israel dari Bersyeba sampai Dan; meskipun sebenarnya tindakan Daud ini sudah diperingatkan oleh Yoab. Pada 1 Tawarikh 21:3, Yoab mengingatkan Daud: “Kiranya TUHAN menambahi rakyat-Nya seratus kali lipat dari pada yang ada sekarang. Ya tuanku raja, bukankah mereka sekalian, hamba-hamba tuanku? Mengapa tuanku menuntut hal ini? Mengapa orang Israel harus menanggung kesalahan oleh karena hal itu?” Namun demikian, Daud tetap bersikeras melakukan perhitungan ini untuk mengetahui kekuatan militernya. Daud tidak mempercayakan diri sepenuhnya pada kepemimpinan dan kuasa Allah.

Melalui Gad, seorang pelihat, Tuhan memerintahkan Daud mendirikan mezbah korban bakaran dan korban keselamatan dan memanggil Tuhan. Daud melakukan hal itu dan Tuhan menjawab Daud dengan menurunkan api dari langit ke atas mezbah korban bakaran itu. Tuhan berfirman kepada malaikat-Nya supaya dikembalikan pedangnya ke dalam sarungnya dan hukuman itu berhenti.

Ada slogan mengatakan bahwa: “dosa adalah dosa, dosa bukanlah masalah. Kalau itu masalah maka ada jalan keluarnya.” Akan tetapi, dosa tetaplah dosa dan jalan keluarnya hanya satu, yaitu bertobat. Apa yang firman Tuhan katakan tentang pengakuan dosa? 1 Yohanes 1:9 berkata bahwa, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”

Marilah kita datang ke hadirat Tuhan dengan penuh penyesalan dan kerendahan hati untuk memohon pengampunan atas segala dosa-dosa yang kita perbuat, sebab tanpa pertobatan yang sungguh-sungguh tidak ada pengampunan dari TUHAN.

STUDI PRIBADI: Mengapa tindakan Daud yang menghitung orang Israel adalah salah di mata Tuhan?

Pokok Doa: Berdoalah untuk jemaat Tuhan agar tidak bermain-main dengan dosa melainkan dengan rendah hati mau datang dalam pertobatan kepada Tuhan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *