Perlindungan Di Masa Tua

“Tetapi aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian kepada-Mu.” (Mazmur 71:14)



Bacaan hari ini: Mazmur 71:1-24 | Bacaan setahun: Mazmur 71

Kejutan tak terduga yang dialami Andrew “Jack” Whittaker Jr. pada usia ke-54, mengubah hidupnya. Pada tahun 2002, ia menang lotre senilai 315 juta dolar, uang yang dapat memenuhi kebutuhan hidup hingga akhir hayat. Ia berharap uang yang diperolehnya dapat mengubah nasibnya menjadi jauh lebih baik. Namun yang terjadi sebaliknya, dengan uang begitu banyak, ia ditipu sana-sini, keluarganya bermasalah dengan obat-obatan terlarang, dan ia pun terjebak oleh gaya hidup hedon. Ketika meninggal pada tahun 2020, ia ada dalam kondisi yang miskin. Uang yang menjadi harapan hidupnya tidak mengubah nasibnya menjadi lebih baik.

Hal ini berbeda dengan apa yang dialami pemazmur. Ia yang sekarang usianya sudah lanjut (ay. 7, 9, 18) merefleksikan hidupnya. Sejak muda (ay. 5-6, 17) ia telah diajar bersandar kepada Tuhan dan melalui pengalaman-pengalaman kehidupannya bersama Tuhan (ay. 1, 7, 20), ia tahu bahwa perlindungan yang sejati adalah ketika ada dalam tangan lindungan Tuhan saja. Harta, takhta serta segala gemerlapnya dunia ini akan lenyap, tidak dapat menjadi perlindungan sejati baginya. Maka ia menyimpulkan bahwa ia akan terus hanya berharap dan memuji Tuhan. Di masa tuanya, refleksi kehidupan ini juga menjadi kekuatannya untuk terus bersandar, berlindung kepada Allah. Hanya bersandar kepada Allah seseorang bisa memperoleh pengharapan dan perlindungannya yang sejati.

Banyak hal dunia membuat kita mengalihkan pengharapan kehidupan kepada yang bukan Allah. Kekayaan, kehormatan, ketenaran serta intelek- tualitas sering memberi secercah harapan bagi kita dapat berharap serta berlindung di dalamnya. Namun pengharapan dan perlindungan yang kita dapat dari semua itu justru akan sirna dan sia-sia. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki semuanya itu tetapi terus berharap kepada Allah, dialah yang akan menerima perlindungan dan keamanan sejati. Allah yang maha segalanya dan kekal akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi setiap kita yang mau berharap kepada-Nya. Menjadi tugas kitalah untuk menaruh pengharapan dan perlindungan hanya kepada-Nya, bukan yang lain!

STUDI PRIBADI: Mazmur 71 adalah doa yang juga dipakai secara komunal. Bagaimana komunitas Israel saat itu memahami; apa dampaknya buat orang-orang percaya di gereja?

Pokok Doa: Berdoalah untuk setiap anak Tuhan agar sungguh-sungguh menaruh pengharapan dan perlindungan mereka hanya kepada-Nya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *