Hukuman Dan Janji

“Tetapi setelah Aku mencabut mereka, maka Aku akan menyayangi mereka kembali. Aku akan mengembalikan mereka masing-masing ke milik pusakanya dan masing-masing ke negerinya.” (Yeremia 12:15)



Bacaan hari ini: Yeremia 12:1-17 | Bacaan tahunan: Yeremia 12

Mazmur 103:8 berkata: “TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam.” Benarlah demikian Allah kita. Di tengah murka dan pelanggaran umat-Nya, Allah itu tidak selamanya menghukum umat-Nya. Namun di dalam penghukuman Tuhan atas ketidaksetiaan umat-Nya, Tuhan juga membaharui janji kepada umat-Nya apabila mereka berbalik dan menaati Allah.

Di dalam Yeremia 12, bagian pertama berisi keluhan Yeremia melihat segala kesusahan yang terjadi kepada umat Allah. Ujian yang Tuhan berikan mendatangkan ganjaran kepada umat-Nya dan betapa susahnya hati Yeremia melihat semuanya itu. Segala kemegahan umat Israel menjadi hilang dan dalam ayat ke 11b, dikatakan bahwa negeri itu menjadi tempat yang “sunyi sepi sekarang segenap negeri itu, tetapi tidak ada orang yang memperhatikannya.” Namun di tengah segala kemalangan yang umat Tuhan alami, ada anugerah dan janji penyelamatan yang Tuhan sediakan bagi mereka. Pada ayat 15-16, Tuhan berkata, “tetapi setelah Aku mencabut mereka, maka Aku akan menyayangi mereka kembali. Aku akan mengembalikan mereka masing-masing ke milik pusakanya dan masing-masing ke negerinya. Dan jika mereka sungguh-sungguh belajar cara hidup umat-Ku sehingga bersumpah demi nama-Ku: Demi TUHAN yang hidup…” Allah akan memulihkan keadaan umat-Nya, jika mereka mau berbalik setia hanya kepada Tuhan dan hidup menaati perintah-Nya.

Setiap kita mungkin mengalami kegagalan yang berbeda-beda dalam mengikut Tuhan, tetapi ingatlah bahwa kasih karunia Tuhan lebih besar dari kegagalan kita. Tuhan membiarkan kita mengalami konsekuensi atas dosa yang kita lakukan agar kita belajar dan bertumbuh dari kesalahan yang kita lakukan. Kasih karunia Tuhan ada bagi kita yang mau belajar mencintai Tuhan dan hidup bagi-Nya kembali. Mari berbalik kepada Tuhan dan hidup bagi Tuhan lagi. Mari kembali untuk berkomitmen kepada Tuhan dan hidup bagi-Nya.

STUDI PRIBADI: Mari berkomitmen meninggalkan 1 dosa yang sudah lama mengikat kita. Mari bertobat dan meminta pertolongan Tuhan untuk melepaskan dosa itu.

Pokok Doa: Doakan agar orang-orang Kristen tidak hanya menjadi orang Kristen yang ‘suam-suam kuku’, namun boleh berkemenangan atas dosa dan hidup bagi Tuhan.

×

Yeremia 12 :11b

11b. sunyi sepi tanah itu berkabung di hadapan-Ku! Sunyi sepi sekarang segenap negeri itu, tetapi tidak ada orang yang memperhatikannya.

×

Yeremia 12 : 15-16

15 Tetapi setelah Aku mencabut mereka, maka Aku akan menyayangi mereka kembali. Aku akan mengembalikan mereka masing-masing ke milik pusakanya dan masing-masing ke negerinya.

16 Dan jika mereka sungguh-sungguh belajar cara hidup umat-Ku sehingga bersumpah demi nama-Ku: Demi TUHAN yang hidup, seperti tadinya mereka mengajar umat-Ku untuk bersumpah demi Baal, maka mereka akan dibangun di tengah-tengah umat-Ku.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *