Mari Dan Lihatlah

Bacaan hari ini: Yohanes 1:35-51 | Bacaan setahun: 1 Samuel 10-12, Kisah Para Rasul 20


“Ia berkata kepada mereka: Marilah dan kamu akan melihatnya. Mereka pun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia.” (Yohanes 1:39)

 

Bagian ini mencatat tentang pemanggilan para murid Tuhan yang pertama. Diceritakan bahwa ketika Yohanes melihat Yesus lewat, ia berkata kepada para murid-Nya, “Lihatlah Anak Domba Allah!” dan seketika itu juga murid-murid itu mengikut Yesus. Dan saat Yesus melihat mereka mengikuti-Nya, Yesus bertanya, “Apakah yang kamu cari?” dan jawab mereka: “Rabi, di manakah Engkau tinggal?” Yesus berkata kepada mereka: “Marilah dan kamu akan melihatnya.” Mengikut Yesus dan melihat lebih dekat siapa Dia, itulah yang dilakukan murid-murid yang pertama. Dan setelah mereka melihat Yesus dari dekat, mereka pun membawa murid-murid yang lainnya kepada Yesus.

Dalam mengikut Tuhan Yesus, kita perlu melihat lebih dekat akan siapa Tuhan yang kita sembah dan layani, sehingga kita bukan hanya sekadar mendengar apa kata orang tentang Dia, melainkan melihat dan mengalami-Nya sendiri, tinggal bersama Dia dan hidup dipimpin oleh-Nya. Keteladanan dari Tuhan Yesus bukanlah sesuatu yang bisa dicopy hanya dari sekadar tahu dan dengar, tetapi harus dari melihat dan mengalami. Oleh karena itu, kita bersyukur karena melalui pemuridan yang sedang digalakkan oleh gereja-gereja, kita diajarkan bukan hanya sekadar tahu banyak tentang Tuhan, melainkan kita mau melihat sendiri dan mengalami sendiri; ini artinya tinggal bersama Tuhan, dan meneladani Kristus melalui krisis-krisis kehidupan yang kita alami.

Orang yang benar-benar mengenal Tuhan Yesus, melihat dengan dekat pribadi Tuhan Yesus dan mengalami Tuhan dalam hidupnya, tidak mungkin bisa menahan diri untuk tidak membawa orang lain kepada Yesus, seperti yang dialami murid-murid Tuhan yang pertama. Andreas lah yang pertama mengikut Yesus, lalu mengajak Simon, saudaranya. Filipus yang dipanggil untuk mengikut Yesus, lalu membawa Natanael kepada Yesus.
Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita membawa orang lain kepada Tuhan Yesus? Yesus berkata kepada setiap kita: “Mari dan lihatlah…” Mari datang kepada-Nya dan mengalami sendiri hidup tinggal bersama Dia.

STUDI PRIBADI : Apa perkataan Filipus pada Natanael ketika ia mengajaknya datang pada Yesus? Kira-kira apa yang Filipus lihat dalam diri Yesus sehingga ia berkata demikian?

Pokok Doa : Berdoaah agar jemaat Tuhan punya kerinduan untuk mengenal dan mengalami Tuhan secara pribadi sehingga mereka boleh menyaksikan tentang Tuhan Yesus yang mereka ikuti dan layani. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *