Maukah Anda Menjadi Tokoh Iman ?

Bacaan hari ini: Ibrani 11:32-40 | Bacaan setahun: Imamat 27, Lukas 6


“Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.” (Ibrani 11:40)

 

William Carey dikenal sebagai Bapak Misi Modern, misionaris dari Inggris yang pergi ke India. Ketika dipanggil Tuhan untuk menjadi Misionaris ke India, Carey menyampaikan hal ini ke gereja asal. Bukannya didukung, pendeta seniornya malah mencoba menghalanginya dengan tafsiran teologi predestinasi yang kurang tepat, yang mengatakan: jika Tuhan mau maka Tuhan dapat menyelamatkan orang India tanpa perlu bantuan dirinya. Awalnya William Carey sempat ragu sehingga ia bergumul kembali, tetapi dengan iman akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke India, walau tanpa dukungan gereja asalnya. Karena ia yakin panggilan Tuhan terhadap dirinya adalah untuk pergi melayani di India. Hasil akhirnya dapat dilihat karena imannya untuk pergi ke India, dimana banyak gereja dan sekolah yang ia dirikan di India. Bukan hanya itu saja, William Carey juga berhasil mendirikan lembaga penerjemahan Alkitab ke dalam berbagai bahasa. Dan masih banyak lagi yang ia sudah lakukan. Jadi karena iman, William carey berhasil dipakai Tuhan secara luar biasa. Hal yang sama juga diceritakan oleh penulis kitab Ibrani.

Karena iman, maka banyak tokoh-tokoh dalam Alkitab yang dipakai oleh Tuhan secara luar biasa. Bahkan meskipun ada yang sampai mati dibunuh, mereka tetap dengan setia menjalankan perintah Tuhan. Semua hal ini mereka lakukan untuk memuliakan Allah. Justru karena tokoh-tokoh iman inilah, Tuhan memakai mereka untuk memuliakan nama-Nya. Sama seperti Tuhan telah memakai para tokoh iman dalam Alkitab, Tuhan juga memakai William Carey, Hudson Taylor dan tokoh-tokoh iman lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu, Tuhan memakai mereka secara luar biasa dan membuat mereka menjadi berkat yang luar biasa. Walaupun para tokoh iman ini mengalami hal yang buruk, mereka tetap percaya kepada Tuhan yang memakai mereka. Jikalau Tuhan bisa pakai para tokoh iman yang ada, maka Tuhan pun juga bisa memakai kita di masa sekarang ini. Hanya, bersediakah kita dipakai oleh Tuhan untuk menjadi tokoh iman selanjutnya?

STUDI PRIBADI : Tuhan bisa memakai kita menjadi tokoh iman di masa sekarang. Bersediakah kita untuk mengalami penderitaan dan penganiayaan karena membela iman kita?

Pokok Doa : Doakan agar setiap orang percaya dipakai Tuhan untuk menjadi tokoh iman. Kiranya Tuhan juga yang memberikan kekuatan dan keberanian agar orang percaya berani membela imannya meski nyawa taruhannya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *