Hiduplah Kudus

“Demikianlah kamu harus berpegang pada segala ketetapan-Ku dan segala peraturan-Ku serta melakukan semuanya itu; Akulah TUHAN.” (Imamat 19:37)



Bacaan hari ini: Imamat 19 | Bacaan setahun: Imamat 19-20

Hidup dalam kekudusan Allah adalah panggilan yang Tuhan Allah kumandangkan bagi orang-orang pilihan-Nya untuk mencerminkan sifat Allah. Allah memanggil tiap umat-Nya menjadi penurut-penurut Allah di dalam kekudusan hidupnya. Panggilan ini bertujuan supaya umat-Nya memiliki persekutuan yang intim, yang dekat dengan Allah yang kudus, sehingga dengan demikian mereka dapat melayani-Nya dengan sukacita. Kehendak Allah untuk hidup kudus diungkapkan dengan mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa, kekuatan, dan akal budi kita. Dalam mengasihi sesama manusia, adalah: orang tua, orang miskin, orang asing, orang yang cacat fisik, termasuk mengasihi musuh. Kita diperingatkan agar jangan kita berbuat curang, memeras sesama kita, membenci dan menutut balas ataupun menaruh dendam karena semuanya itu merupakan kekejian bagi Tuhan. Tuhan Allah memberikan perintah-perintah ini bukan untuk diketahui saja, tetapi juga untuk dilakukan di dalam ketaatan akan perintah-Nya. Tuhan mau segenap umat-Nya hidup kudus sebab Tuhan Allah kudus.

Pengudusan dalam hidup orang percaya bukanlah karena kebaikan diri kita ataupun karena pengetahuan kita akan Firman Tuhan. Melainkan hanya karena kasih karunia Allah yang ada di dalam iman kepada Yesus Kristus, yang diutus Tuhan Allah ke dalam dunia dan yang telah mati dan bangkit memberikan pengampunan dosa. Ini seperti yang digambarkan dalam Perjanjian Lama, yaitu imam harus mengadakan pendamaian bagi seseorang karena dosa yang telah diperbuatnya dengan membawa domba jantan sebagai korban penebus salah di hadapan TUHAN. Atas dasar itulah dia mendapatkan pengampunan dosa dari Allah. Tuhan Yesus adalah Anak Domba Allah yang tidak bercacat, yang layak menjadi korban penebusan dosa bagi kita.

Tuhan Allah yang memanggil kita adalah kudus, maka hendaknya kita berpegang pada segala ketetapan dan segala peraturan Allah serta melakukan semuanya itu. Kiranya Tuhan menolong kita untuk hidup kudus dengan bersandar penuh kepada kekuatan-Nya. Amin.

STUDI PRIBADI: Mengapa kita sebagai umat Allah diperintahkan untuk hidup kudus di hadapan Allah?

Pokok Doa: Berdoa bagi jemaat Tuhan agar dalam kehidupan setiap harinya ditolong Allah untuk hidup kudus bagi kemuliaan Allah. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *