Daud Di Antara Orang Filistin

“Bagaimanapun juga pada suatu hari aku akan binasa oleh tangan Saul. Jadi tidak ada yang lebih baik bagiku selain meluputkan diri dengan segera ke negeri orang Filistin; maka tidak ada harapan bagi Saul untuk mencari aku…” (1 Samuel 27:1)



Bacaan hari ini: 1 Samuel 27 | Bacaan setahun: 1 Samuel 26-27

Daud mencari perlindungan kepada raja Akhis, raja kota Gad negeri orang Filistin. Ini merupakan strategi Daud untuk meluputkan diri dari kejaran raja Saul yang hendak membunuhnya. Ini merupakan tindakan yang bisa menimbulkan masalah besar karena bangsa Filistin adalah musuh bebuyutan Israel dan di 1 Samuel 21:10-15 disebutkan Daud pernah takut sampai pura-pura gila ketika dibawa ke hadapan raja Akhis.

Akan tetapi, tindakan Daud bersama dengan enam ratus orang yang bersamanya akhirnya membawa hasil karena Saul tidak lagi mencarinya. Namun, timbul pertanyaan bagi setiap kita, yaitu apa maksud dan strategi raja Akhis mau menerima Daud bahkan Daud diberi kota tanah datar yaitu Ziklag untuk tinggal di sana selama satu tahun empat bulan? Apakah raja Akhis tidak menyadari bahwa Daud berasal dari Israel yang adalah musuh bebuyutannya yang setiap saat dapat mengancamnya? Apakah raja Akhis tidak kuatir akan ketenaran Daud di dalam berperang yang kemungkinan bisa menyerangnya?

Saya percaya bahwa semua peristiwa ini adalah campur tangan Tuhan Allah sendiri kepada Daud yang hidup takut akan TUHAN. Dalam 1 Samuel 26:23 dikatakan: “TUHAN akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab TUHAN menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi TUHAN.” Daud memahami akan belas kasihan TUHAN dalam hidupnya, dan bahwa TUHAN yang ia sembah adalah TUHAN yang adil. Oleh sebab itu, Daud berkata kepada Saul dalam 1 Samuel 26:24, “Dan sesungguhnya, seperti nyawamu pada hari ini berharga di mataku, demikianlah hendaknya nyawaku berharga di mata TUHAN, dan hendaknya Ia melepaskan aku dari segala kesusahan.”

TUHAN itu penuh belas kasihan dan keadilan kepada mereka yang mau setia dan taat akan ketetapan-ketetapan-Nya. TUHAN melindungi dan memelihara umat-Nya meskipun di tengah-tengah musuh sekalipun. Maka hendaklah kita belajar untuk hidup bersandar penuh kepada Tuhan. Amin.

STUDI PRIBADI: Apa yang menyebabkan Daud aman ketika mengungsi ke daerah Filistin, padahal Filistin adalah musuh Israel?

Pokok Doa: Berdoa agar Roh Kudus Tuhan menolong kita untuk bisa selalu bersandar kepada Tuhan termasuk ketika menghadapi kesulitan sekalipun, sehingga kita tetap berjuang dengan pimpinan tangan Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *