Melawan GOG

“Dan Aku akan memanggil segala macam kekejutan terhadap Gog, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sehingga pedang seorang akan memakan yang lain.” (Yehezkiel 38:21)



Bacaan hari ini: Yehezkiel 38:1-23 | Bacaan setahun: Yehezkiel 38

Perikop yang kita baca ini merupakan salah satu perikop yang sulit dalam Kitab Yehezkiel. Di antara berbagai pertanyaan yang mengemuka, salah satu pertanyaan utama yang perlu dijawab ialah apakah kita harus memahami nas ini secara historis (berbicara tentang peristiwa sejarah pada masa itu) atau secara apokaliptik (berbicara tentang sebuah ide teologis tanpa harus merujuk pada peristiwa historis tertentu). Meski kita harus membuka diri terhadap elemen apokaliptis, pandangan mayoritas penafsir yang memahami bagian ini secara historis nampaknya jauh lebih tepat.

Secara sederhana, perikop ini bercerita mengenai penyerangan yang dilakukan Gog dan sekutunya terhadap bangsa Israel. Beberapa penafsir menduga bahwa Gog di sini merujuk pada Gyges, seorang raja yang memerintah di Lidia sekitar tahun 660 SM. Apa yang menarik, nas ini juga mencatat bahwa saat itu Israel nampaknya telah mengalami restorasi dari Allah. Rujukan dalam ayat 11 menunjukkan bahwa saat itu Israel telah dipulihkan dan hidup dalam kedamaian. Meski kumpulan bangsa asing ini bersekutu dan mencoba menguasai tanah milik Israel, Allah menjamin bahwa upaya bangsa-bangsa itu akan digagalkan-Nya. Allah yang setia dengan perjanjian-Nya akan tampil menjadi pembela bagi bangsa Israel. Allah tidak akan mengizinkan nama-Nya kembali dinajiskan melalui penaklukan dan pengusiran bangsa Israel dari tanah yang Allah anugerahkan kepada mereka. Bagi orang-orang yang ada dalam pembuangan, janji ini tentu merupakan sebuah penguatan yang luar biasa.

Saat kita mengikut Kristus, tentu saja tidak semua akan berjalan baik. Selalu saja ada orang-orang yang membenci Kerajaan Kristus. Bahkan seringkali kesetiaan kita kepada Kristus justru akan membawa kita kepada kesulitan. Bagian ini menjamin bahwa Allah adalah Allah yang setia dengan umat-Nya. Ia pasti akan tampil menjadi pembela umat-Nya, entah di masa kini atau dalam penghakiman terakhir. Percayalah tidak ada kejahatan yang akan terlewatkan dari mata Tuhan.

STUDI PRIBADI: Apakah janji pembelaan Allah menolong Anda menjalani masa sulit? Mengapa?

Pokok Doa: Doakan agar Allah segera menyatakan keadilan dan pembelaan-Nya bagi anak-anak-Nya yang saat ini tertindas karena iman dan kesetiaan mereka kepada Allah.

×

Yehezkiel 38 : 11

11 Engkau berkata: Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram; mereka semuanya diam tanpa tembok atau palang atau pintu gerbang.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *