Soal Membayar Pajak

“Lalu kata Yesus kepada mereka: ‘Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!’ Mereka sangat heran mendengar Dia.” (Markus 12:17)



Pembahasan: Markus 12:17 | Ayat Bacaan: Markus 12:13-17

Tuhan Yesus mengetahui kemunafikan orang-orang Farisi yang ingin menjebak-Nya. Membayar pajak kepada Kaisar adalah pertanyaan yang sangat serius di masa itu. Apabila menolak, seseorang akan disebut penentang Kaisar dan mendapatkan hukuman yang berat. Orang-orang Farisi nampaknya berharap Yesus menjawab bahwa mereka tidak perlu lagi membayar pajak kepada Kaisar, sehingga Yesus masuk ke dalam jebakan mereka dan bisa dilaporkan kepada Kaisar supaya Ia segera dihukum. Akan tetapi, Yesus dengan hikmat, kuasa dan kebijaksanaan-Nya berhasil membuat orang-orang Farisi terkejut dan tidak bisa berkata-kata. Yesus menjawab: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Demikianlah Yesus akhirnya lolos dari jebakan mereka.

Melalui pembacaan Firman Tuhan hari ini, Tuhan Yesus memberikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi kita. Tuhan tidak ingin kita menjadi sangat eksklusif dan menjauhkan diri dari dunia ini. Sebaliknya, Tuhan Yesus ingin supaya setiap kita menjadi garam dan terang di tengah-tengah dunia yang berdosa dan gelap ini. Salah satu wujudnya adalah kita harus taat kepada pemerintah. Selama pemerintah melakukan apa yang benar dan baik, maka tidak ada alasan bagi kita untuk menentang dan melawan pemerintah, khususnya hal membayar pajak. Terkait persoalan korupsi, biarlah itu menjadi urusan para penjahat itu dengan Tuhan. Kelak mereka akan mendapatkan bagiannya sendiri dari Tuhan. Tanggung jawab kita adalah tetap taat, menghormati pemerintah yang ada, sehingga melalui teladan ketaatan kita kepada pemerintah, orang lain akan melihat bahwa kita benar anak-anak Tuhan. Alkitab jelas mencatat: “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya” (Roma 13:1-2).

STUDI PRIBADI: Apakah sebenarnya tujuan orang-orang Farisi bertanya kepada Yesus soal apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar?

Pokok Doa: Berdoalah agar kita mempunyai kemampuan untuk tetap taat melakukan apa yang menjadi tanggung jawab kita sebagai anak-anak Tuhan ditengah-tengah negara ini.

×

Roma 13 : 1-2

1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

×

2 Samuel 1 : 12

12 Dan mereka meratap, menangis dan berpuasa sampai matahari terbenam karena Saul, karena Yonatan, anaknya, karena umat TUHAN dan karena kaum Israel, sebab mereka telah gugur oleh pedang.

×

Matius 6 : 16

16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

×

Markus 2 : 20

20 Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

×

Matius 11 : 18

18 Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *