Eksorsis

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 19:13-20 Bacaan setahun: Ester 3-5, 1 Timotius 5


“Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus.” (KPR 19:13)

 

Hal ini menarik untuk kita ketahui, bahwa Allah kita adalah Allah yang Mahakuasa. Namun Iblis hadir dengan berbagai upaya manipulasi. Kita melihat anak-anak Skewa mencoba meniru apa yang Allah kerjakan melalui Paulus. Apabila Paulus mengusir roh-roh jahat sehingga banyak orang yang dilepaskan dari ikatan roh jahat, anak-anak Skewa pun mau mencoba menarik perhatian orang banyak dengan mengusir setan menggunakan nama Yesus. Alih-alih berharap roh jahat itu pergi, hal yang tidak terkira terjadi, usaha mereka malah dipermalukan oleh roh jahat itu, yang mengatakan, “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?” Terlebih dari itu, orang yang kerasukan setan itu malah menyerang mereka, sehingga mereka berlari pergi meninggalkan orang itu sambil telanjang karena pakaian mereka juga disobek oleh orang yang kerasukan itu.

Akhirnya melalui kejadian itu, banyak orang menjadi takut dan hormat kepada Tuhan Yesus. Banyak orang menjadi percaya kepada Yesus, juga mereka yang pernah terlibat ilmu sihir. Mereka yang memiliki buku-buku sihir yang harganya kira-kira 50.000 keping uang perak, mengumpulkan semua buku-buku itu untuk dibakar.

Pada saat ini, banyak orang yang melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh anak-anak Skewa. Bahkan ada orang yang mengusir roh jahat dengan menggunakan nama Yesus. Padahal itu adalah sebuah tindakan manupulasi, yang ujung-ujungnya malah mempersulit keadaan. Sekali lagi kita diingatkan, hanya Yesus lah satu-satunya Tuhan yang Mahakuasa dan mampu melepaskan kita dari kuasa kegelapan. Nama Yesus tidak dapat disandingkan dengan apapun. Kita harus melepaskan semua hal yang mungkin bagi kita berharga, namun sesungguhnya telah menduakan Tuhan. Kita tidak dapat mengandalkan Allah sembari kita mengandalkan yang lain-lainnya.

STUDI PRIBADI : Bagaimanakah Anda dapat membedakan antara kuasa yang dilakukan oleh roh jahat dan kuasa dari Allah?

Pokok Doa : Berdoa agar orang-orang yang terikat dengan kuasa kegelapan dilepaskan oleh kuasa Allah sehingga dapat menyerahkan diri sepenuhnya hanya kepada Tuhan Yesus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *