Hidup Yang Berguna

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 18:24-19:12 | Bacaan setahun: Ester 1-2, 1 Timotius 4


“…oleh karena kasih Karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang percaya.” (Kisah Para Rasul 18:27)

 

Dalam Alkitab, dikisahkan tentang orang-orang yang percaya kepada Kristus dan hidup mereka telah memberikan dampak yang besar pada pemberitaan Injil. Mereka menggunakan hidupnya dengan baik dan berguna. Contohnya: dua orang tokoh dalam perenungan hari ini, yaitu Apolos dan Paulus. Hidup mereka sangat berguna bagi orang-orang yang ada di Efesus, khususnya bagi jemaat-jemaat di sana.

Apolos memang orang yang paham Kitab Suci dan pandai berbicara. Walaupun pada awalnya, dia hanya mengenal baptisan Yohanes. Namun dengan semangat ia mengajar dengan teliti tentang Yesus. Ketika Akwila dan Priskila-,pasangan Yahudi dari Pontus yang telah terlebih dulu menjadi Kristen-berjumpa dengan Apolos, mereka pun menjelaskan kepada Apolos lebih teliti mengenai rencana Allah untuk menyelamatkan manusia, melalui Yesus. Apolos pun diperlengkapi dan menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang percaya.

Demikian juga halnya dengan Paulus, yang telah datang ke Efesus lebih dahulu dari Apolos. Allah memakainya dengan luar biasa sehingga orang-orang di sana bukan saja bertambah pengetahuan mereka tentang Yesus. Terlebih lagi, oleh karena keberaniannya memberitakan Injil sambil berusaha menyakinkan orang-orang tentang Kerajaan Allah, walaupun ada orang-orang yang mengeraskan hati mereka mendengar berita Injil, akan tetapi semua penduduk Asia telah mendengar Firman Tuhan.

Kepada setiap kita, Tuhan telah memberikan kemampuan, walaupun kemampuan kita tidak selalu sama. Namun dengan kemampuan itu, kita dapat menjadikan hidup berguna. Maksimalkan kemampuan kita seperti Apolos yang terus belajar dan mengajar, seperti Paulus yang dengan berani menjadi saksi Kristus kapanpun dan dimanapun dia berada. Kita pun sanggup menjadikan hidup kita ini berguna, karena Tuhan yang akan memampukan kita. Teruslah andalkan Tuhan dalam hidup ini.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa kemampuan yang kita miliki?
(2) Dengan kemampuan itu, apakah yang kita dapat lakukan agar hidup ini berguna?

Pokok Doa : Berdoalah agar dalam kehidupan orang percaya dapat berguna bagi sesamanya, menolong dan menjadi berkat. Yang terutama adalah hidup yang memuliakan nama Tuhan Yesus Kristus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *