You’ll Will Never Walk Alone

Bacaan hari ini: 2 Timotius 4:19-22 | Bacaan setahun: Kejadian 18-19, Matius 7


“Tuhan menyertai rohmu. Kasih karunia-Nya menyertai kamu!” (2 Timotius 4:22)

 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa pengguna media sosial sebenarnya membuat Anda merasa lebih kesepian. Media sosial menciptakan kesan seolah Anda menjalin relasi, tetapi sebenarnya justru sebaliknya. Dalam bukunya yang berjudul Alone Together, psikolog sosial Sherry Turkle berpendapat ada hiperkoneksivitas melalui media sosial yang membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata. Relasi yang semu dalam media sosial bukanlah jawaban untuk mengatasi kesendirian.

Pada bagian akhir dari surat Paulus kepada Timotius ini terungkap bahwa di dalam kesendiriannya, Paulus tidak merasa kesepian. Walaupun dalam perikop sebelumnya dia menyebut bahwa Demas meninggalkannya dan lebih memilih dunia ini (ay. 10), tapi Paulus sama sekali tidak mengeluh. Sebaliknya, dengan penuh sukacita, Paulus mengingatkan orang-orang yang telah membantunya dalam pelayanannya. Paulus menyampaikan perkembangan kondisi mereka sekaligus salam mereka kepada Timotius (ay. 19-21). Relasi kebersamaan dan persaudaraan yang nyata dalam iman kepada Tuhan Yesus mengingatkan bahwa sebagai anak Tuhan, kita tidak pernah sendirian di dunia ini. Ingatlah juga mereka yang sedang dalam kesendirian, dan berusahalah menjadi saudara seiman yang mengingat mereka di dalam doa syafaat kita.

Hal lain yang sangat menghibur dan menguatkan Paulus adalah anugerah penyertaan dari Roh Kudus yang selalu hadir dalam hidupnya. Anugerah ini pula yang menjadi doa berkat dari Paulus kepada Timotius (ay. 22). Sungguh tidak ada yang lebih indah daripada penyertaan Roh Kudus dalam hidup kita, yang memancarkan anugerah Tuhan yang selalu menghangatkan, menghibur, dan menguatkan kita.

STUDI PRIBADI: Sudahkah kita menyadari betapa pentingnya kehadiran Roh Kudus dan saudara seiman dalam hidup kita?

Pokok Doa: Berdoalah agar setiap orang Kristen senantiasa bersyukur dan menyadari kehadiran Roh Kudus dan saudara seiman dalam hidup kita.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *