Digugu Lan Ditiru

Bacaan hari ini: Titus 2:1-10 | Bacaan setahun: Kejadian 25-26, Matius 10


“Jadikan dirimu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, sehat dan tidak bercela sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.” (Titus 2:7-8)

 

Kalimat tema merupakan akronim dari kata guru dalam tradisi Jawa, artinya orang yang dapat dipercaya dan diteladani. Dalam perikop ini, Rasul Paulus memberi nasihat kepada Titus agar dirinya dapat digugu lan ditiru oleh jemaat di Kreta.

Titus memang diutus untuk mengoreksi dan mengajarkan ajaran yang sehat, yaitu memberi nasihat kepada para orang tua, baik laki-laki maupun perempuan, orang-orang muda dan para hamba, tentang bagaimana seharusnya mereka membawa dirinya sebagai pengikut Kristus. Namun demikian, ajaran sehat tersebut akan lebih hidup dan dapat dirasakan, bila Titus, sebagai utusan Rasul Paulus, dapat menghidupi ajaran tersebut dalam kesehariannya. Adapun hal yang Titus harus lakukan adalah berbuat baik, hidup jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaran kepada jemaat, sehat dan tidak bercela dalam pemberitaan Injil kepada orang yang belum percaya, sehingga tidak ada satu hal buruk pun yang dapat mereka sebarkan tentang dirinya (ay. 7-8).

Teori tidak akan banyak mempengaruhi hidup seseorang bila tidak dipraktikkan secara nyata. Karena itulah, Yesus memberikan 3 perintah kepada pengikut-Nya, yaitu menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus, sebagaimana yang Yesus sudah lakukan. Demikian pula, Rasul Paulus berjuang menjadikan dirinya sebagai teladan bagi jemaat yang dia layani. Kini giliran Titus harus menjadi teladan bagi jemaat yang dia layani. Kemudian giliran kita sekalian, jemaat Tuhan GKA Gloria.

Mahatma Gandhi pernah berkata, “Saya tidak pernah menolak Kristus. Saya suka Kristus Anda. Tapi saya tidak suka dengan orang Kristen Anda. Jika orang Kristen benar-benar hidup menurut ajaran Kristus, seperti yang ditemukan di dalam Alkitab, seluruh India sudah menjadi Kristen hari ini.”

Hai jemaat Tuhan, janganlah kita mengulang kesalahan yang sama seperti orang Kristen yang hanya mengaku Kristen tanpa kesaksian hidup yang benar. Sebaliknya, marilah kita menjadikan diri kita sebagai teladan untuk memuliakan nama Tuhan.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa tugas yang Titus harus lakukan dalam pelayanannya?
(2) Apakah tuntutan Paulus terhadap Titus, seorang pelayan muda untuk mengatasi ajaran sesat?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap orang Kristen agar mereka dapat hidup sesuai dengan Firman Tuhan dan menjadi kesaksian bagi Tuhan, Amin.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *