Allah Adalah Kasih

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 4:7-21 | Bacaan setahun: Hakim-Hakim 13-14, Kisah Para Rasul 11


“Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.” (1 Yohanes 4:7)

 

Banyak agama mengajarkan kebaikan dan kasih. Setiap manusia harus melakukan kebaikan dan menolong orang-orang di sekitar kita. Lalu apa perbedaan antara kekristenan dengan agama-agama yang lainnya? Adakah perbedaan motivasi dalam melakukan kebaikan dan menolong sesama kita?

Kasih adalah karakter utama di dalam kekristenan, karena Allah kita adalah kasih. Kekristenan percaya bahwa manusia pada dasarnya telah jatuh dalam dosa dan tidak dapat melakukan kebaikan dan menunjukkan kasih kepada orang lain. Sekalipun nampaknya bisa, namun perbuatan baik dan kasih yang seorang pendosa lakukan selalu disertai dengan motif yang tidak benar dan berfokus kepada keuntungan dirinya. Namun kepada manusia yang berdosa ini, Allah menyatakan kasih melalui penebusan Yesus di atas kayu salib. Oleh karena begitu besar kasih Allah kepada manusia, sehingga diberi-Nya Putra Tunggal Allah untuk menebus hidup manusia yang berdosa. Kita dikasihi Allah dengan limpah, oleh karena itulah kita mampu mengasihi orang lain. Hal inilah yang juga dikatakan oleh Yohanes, “bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita… jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi” (ay. 10-11).

Kita mampu mengasihi karena kita telah dikasihi. Kasih yang Allah tunjukkan adalah kasih yang berkorban. Ia bukan hanya mengasihi dengan perkataan dan janji, melainkan Ia menyatakan kasih-Nya di tengah-tengah dunia dan Ia berkorban bagi kita. Oleh karena itulah, kita dipanggil untuk mengasihi sesama kita. Jangan kita mengasihi dengan motif yang buruk dan egois, namun kasihilah sesama kita dengan kasih yang berkorban, sebagaimana Allah telah menunjukkannya kepada setiap kita.

STUDI PRIBADI : Doa adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk orang-orang yang kita kasihi. Doakan keluarga dan sahabat kita agar mereka disertai dan dipelihara Tuhan. Tunjukkan tindakan kasih kepada orang-orang di sekitar kita. Berilah hadiah kecil kepada mereka yang berulang tahun, atau waktu bagi mereka membutuhkan tempat mencurahkan isi hati mereka di tengah pergumulan.

Pokok Doa : Berdoalah agar gereja Tuhan boleh dipenuhi kasih Tuhan, agar ada pengampunan dan kasih yang melimpah di dalam relasi antar hamba Tuhan, majelis dan jemaat sekalian.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *