Yesus Hamba Yang Menderita

“Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.” (Markus 8:31)



Ayat Lectio Divina: Markus 8:31 | Bacaan Alkitab: Markus 8:27-9:1

Ketika memikirkan dan merenungkan akan karya Kristus yang merendahkan diri-Nya menjadi seorang hamba yang menderita, tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dari nubuatan dalam Perjanjian Lama (Yesaya 53:2-12). Kisah tentang kesengsaraan dan penderitaan yang dialami oleh seorang hamba yang dimaksudkan dalam bagian ini merupakan nubuatan yang mengarah kepada Yesus Kristus.

Markus 8:31 merupakan pemberitahuan Yesus kepada para murid-Nya bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli Taurat, lalu akan dibunuh dan bangkit sesudah hari yang ketiga. Hal ini bukan terjadi begitu saja atau menjadi sebuah pengajaran Yesus semata, tetapi telah dinubuatkan sejak dalam Perjanjian Lama. Seperti apa dan bagaimana situasi yang akan terjadi pada Yesus, dengan demikian penderitaan Yesus menjadi hamba yang menderita berada dalam rencana penting Allah bagi kehidupan manusia. Namun, keterus-terangan Yesus dibantah oleh Petrus (ayat 32), oleh sebab itu Yesus menegur secara keras dengan sebutan Iblis, karena Petrus bertindak melawan kehendak Allah. Petrus memang mengakui Yesus sebagai Mesias (ayat 29), tetapi bukan Mesias yang menjadi hamba kemudian menderita dan mati di salib. Bagian ini menunjukkan bahwa Petrus belum memahami tentang Yesus dengan sempurna.

Penderitaan yang ditanggung oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia adalah Allah yang mengasihi manusia dengan sangat sempurna. Dia memberikan nyawa-Nya untuk menebus dosa manusia. Penderitaan selalu dihindari oleh banyak orang, maka dari itu tidak sedikit orang-orang tertentu berusaha menghindari penderitaan dalam hidupnya. Tetapi kita sebagai orang percaya bisa melihat bahwa Yesus Kristus pun menjadi hamba yang menderita ketika Ia hidup di dunia. Semuanya itu, Ia lakukan karena besarnya kasih serta pengampunan-Nya pada kita, sekaligus kita juga bisa melihat bahwa betapa berat dosa yang seharusnya kita tanggung.

STUDI PRIBADI: Sebagai murid Kristus yang diperkenan oleh-Nya, bagaimana Anda dapat merefleksikan Firman Tuhan ini?

Pokok Doa: Berdoalah agar jemaat mensyukuri anugerah keselamatan yang Tuhan Yesus berikan melalui pengorbanan dan penderitaan-Nya di atas kayu salib, sehingga jemaat senantiasa hidup taat dan setia kepada Tuhan Yesus.

×

Yesaya 53 : 2

2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.

12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

×

Markus 8 : 31

31 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.

×

Markus 8 : 32

32 Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia.

×

Markus 8 : 29

29 Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!"

×

Wahyu 7 : 17

17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

×

1 Yohanes 4 : 10

10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

×

1 Yohanes 4 : 11

11 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

×

1 Yohanes 4 : 12-17

12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.

16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.

×

1 Yohanes 4 : 18

18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

×

1 Yohanes 4 : 20a

20a Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta,

×

1 Yohanes 4 : 20b

20b karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *