Yesus Telah Bangkit

Bacaan hari ini: Lukas 24:36-49 | Bacaan setahun: Rut 3-4, Kisah Para Rasul 16


“Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.” (Lukas 24:39)

 

Seorang dosen Theologi mengatakan: ada dua hal yang pasti dialami oleh orang-orang di dunia, yakni membayar pajak dan meninggal. Ketika orang-orang terdekat meninggal, akan membuat kita merasa sangat kehilangan, mungkin ada yang merasa takut dan bahkan mungkin bisa mengalami trauma. Hal ini juga yang dialami oleh para pengikut Yesus dan murid-murid-Nya. Kematian Tuhan Yesus juga membuat murid-murid dan orang-orang yang mengikut Dia, tentu merasa sangat kehilangan, dan juga merasa ketakutan. Namun pada bagian ini, Lukas mencatat mengenai kebangkitan Yesus, sesuai dengan perkataan Tuhan Yesus, bahwa Ia akan bangkit pada hari ketiga.

Kebangkitan Tuhan Yesus sudah terbukti karena beberapa kali Tuhan Yesus menampakkan diri-Nya, yaitu kepada para wanita, kepada para murid di jalan Emaus, dan pada bagian ini Dia menampakan diri kepada semua murid-Nya, tetapi kelihatannya mereka masih ragu, benarkah orang yang berdiri di depan mereka itu Tuhan Yesus atau bukan; dan akhirnya Tuhan Yesus membuktikan dengan memanggil para murid untuk datang menyentuh-Nya dan Dia juga makan bersama mereka. Kebangkitan dan kehadiran Tuhan Yesus menghilangkan semua keraguan, membebaskan para murid dari rasa takut.

Kematian dan kebangkitan-Nya adalah untuk menyelamatkan umat-Nya. Selain itu, Tuhan Yesus memberikan sebuah perintah kepada mereka yaitu harus memberitakan Injil dan bahwa berita ini harus diberitakan kepada segala bangsa, artinya semua orang yang hidup di dunia tanpa terkecuali, tidak hanya pada orang tertentu dan juga tidak hanya pada tempat-tempat tertentu.

Kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus memberikan pengharapan yang pasti yaitu keselamatan yang kekal, dan juga membebaskan kita dari rasa takut akan kematian, baik itu kematian diri kita maupun orang-orang terdekat kita, karena kita percaya bahwa walaupun nanti kita meninggal kita akan dibangkitkan kembali dan hidup untuk selamanya. Selama kita masih di dunia, kita memiliki tugas yaitu memberitakan Injil Yesus Kristus kepada orang lain.

STUDI PRIBADI : Apakah kita sudah sungguh-sungguh percaya akan kebangkitan Yesus?

Pokok Doa : Berdoa bagi jemaat Tuhan supaya memiliki iman yang teguh terhadap Kristus dan juga memiliki semangat dalam memberitakan Injil keselamatan, karena untuk itulah tujuan Kristus datang ke dunia. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *