Mission Impossible : Just Do It !

“Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat…” (Matius 10:5-7)



Bacaan hari ini: Matius 10:5-15 | Bacaan setahun: Matius 10-11

Film serial Mission Impossible yang dirilis tahun 1970an berkisahkan agen rahasia dengan misi khusus dan bahaya, yaitu menyelamatkan umat manusia. Mereka dilatih sangat keras untuk menjalankan misi yang paling sulit. Untuk kepentingan negara, jika tertangkap maka mereka tidak boleh membocorkan rahasia dan tidak akan diakui utusan negaranya. Sebuah tugas yang nyaris tidak mungkin dilakukan oleh orang biasa.

Begitu juga dengan yang dilakukan Tuhan Yesus dengan mengutus murid-murid-Nya. Mereka diberikan tugas khusus. Pertama, mereka harus memberitakan bahwa Kerajaan Sorga sudah dekat. Pada awalnya, berita ini harus disampaikan kepada domba-domba Israel yang tersesat. Tugas selanjutnya ialah untuk menyembuhkan orang yang sakit, membangkitkan orang mati, menahirkan orang kusta dan mengusir setan-setan. Injil yang disampaikan haruslah membawa kasih dan kebaikan bagi umat manusia. Tentu Tuhan memberikan kemampuan dan kuasa untuk menunaikan tugas ini. Terbukti, pada saat murid-murid kembali, mereka melaporkan, “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu” (Luk. 10:17b). Juga Tuhan Yesus mengingatkan supaya mereka bisa membagikan anugerah Allah dengan cuma-cuma tanpa mengambil keuntungan, karena mereka juga telah menerimanya dengan cuma-cuma (anugerah keselamatan). Terakhir, mereka tidak diperkenan untuk membawa bekal apapun. Hal ini dimaksudkan supaya mereka belajar bergantung sepenuhnya kepada kemurahan hati Allah semata. Allah lah yang akan memelihara dan juga mencukupkan semua kebutuhan mereka.

Bacaan ini menjadi sebuah cermin bagi kita. Seharusnya ini menolong kita untuk menjadi orang Kristen yang bersedia dan rindu diperlengkapi Allah untuk menaati dan menuntaskan Amanat Agung-Nya, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat. 28:19-20).

STUDI PRIBADI: Apa yang bisa kita pelajari dari perikop hari ini? Apa saja tugas yang Tuhan Yesus berikan kepada para murid? Bagaimana kita menanggapi firman Tuhan hari ini?

Pokok Doa: Berdoalah agar semua orang Kristen boleh belajar taat dalam melakukan Amanat Agung yang Tuhan Yesus berikan di dalam kehidupan mereka.

×

Lukas 10 : 17b

17b "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."

×

Matius 28 : 19-20

19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *